Review Eyeshadow FOCALLURE: Favors 18 Shades-01 Bright Lux bagi Pemula (Indonesia)

By Mur - December 02, 2018



Jumpa bahagia di zona Mur.

Mencoba mempelajari dunia kecantikan dan perawatan kulit, saya iseng bertanya ke teman yang sedikit mengerti tentang tren make up saat ini, terutama make up Korean look. Ketertarikan ini awalnya juga dipicu dengan sudah habisnya eye shadow palette yang biasa saya pakai untuk pergi ke kantor (itupun merupakan hadiah dari beauty class yang saya ikuti pada saat kuliah dulu), sehingga sepertinya saya membutuhkan eye shadow palette baru. Sambil menyelam minum air, mengapa tidak bereksperimen selagi butuh kan. Akhirnya, teman saya merekomendasikan FOCALLURE: Favours 18 Shades-01 Bright Lux. Alasannya, harganya yang terjangkau dan pilihan warna yang banyak dirasa cukup ekonomis. Cocok untuk saya yang baru mau coba-coba, harga terjangkau dengan kualitas yang baik.

Sebenarnya saya tidak begitu paham mengenai gradiasi eye shadow, cara membaurkannya seperti kebanyakan beauty blogger yang telah jauh lebih memahami tentang dunia kecantikan, tapi saya ingin mencoba melakukan review dari perspektif pemakai awam atau pemula (dan ya, saya orang awam atau pemula itu) dan mungkin bagi pembaca yang baru ingin mencoba untuk bermain warna dengan kelopak matanya.


PACKAGING / KEMASAN

Foto: Tampak Depan

Foto: Tampak Belakang

Foto: Tampak Dalam


Foto: Dengan Dus

Kemasan dari produk ini berbahan dasar karton dengan permukaan yang gloss atau mengkilap, sehingga ketika tergores, sangat terlihat bekas goresannya. Namun warna kemasannya cukup mewah, dengan dominasi hitam ditambah aksen rose gold yang menunjukan kesan yang elegan. Keuntungannya, packaging dengan tipe ini cukup mudah dibersihkan bila terkena residu yang terkadang suka menempel di sekitar bingkai palette nya. Namun, Hal unik lainnya adalah pada keterangan di belakang kemasan (lihat foto tampak belakang) terdapat kalimat "Mirrored compact slides easily into your bag for on-the-go application" yang artinya bahwa produk ini dilengkapi dengan cermin, sehingga dapat mudah untuk diaplikasikan. Namun nyatanya, saya tidak menemukan adanya cermin di dalamnya (lihat foto tampak dalam). Hal unik lainnya yaitu pada dus kemasannya. Terlepas dari kemasan produk yang bertekstur mengkilap, justru dusnya memiliki permukaan yang doff. Namun lagi-lagi, residu make up mudah sekali melekat pada dus ini, sehingga saya jarang memasukkan palette ini ke dalam dusnya.


SWATCHES / PILIHAN WARNA


Foto: Pilihan warna

 Foto: Pilihan warna baris paling atas 

 Foto: Pilihan warna baris tengah

Foto: Pilihan warna baris paling bawah
  
Pilihan warna yang ditawarkan sangat beragam, namun tone yang sangat menonjol dalam palette ini adalah warm-tone. Dapat dikatakan saya cukup beruntung memiliki kulit undertone yang netral, sehingga pilihan warna ini masih bisa digunakan. 

Untuk palette dengan nama Salmon memiliki dua tipe, yaitu dengan hasil matte dan shimmer

Warna yang menjadi favorit saya adalah perpaduan antara Salmon (saya suka kedua hasilnya), Indian Red, Teracotta dan Toffee. Copper Rose sering dijadikan sebagai shading karena warnanya cukup membaur dengan baik di kulit saya. Carbon kerap saya gunakan untuk eye line kalau sedang malas untuk menggunakan eyeliner. Sedangkan Garnet dan Moonligh terkadang saya gunakan sebagai highlighter. 

Warna yang saya pakai namun tidak begitu sering adalah Bisque (biasanya sesekali saya gunakan hanya sebagai base, namun karena teksturnya yang powdery terkadang membuat saya kelilipan, jadi tidak sering saya pakai), dan Wine (karena warnanya yang menyala, terkadang harus menyesuaikan warna kerudung agar tidak disangka seperti orang marah, hehe).

Dan warna yang tidak pernah saya gunakan adalah Bubble Gem dan Pink (warnanya sama sekali tidak masuk di kulit saya) serta Dubai (entahlah, saya belum pas untuk membaurkan yang satu ini dengan warna lainnya). Sisanya, saya pakai sesekali, menyesuaikan dengan pakaian dan kerudung saja.


TEXTURE / TEKSTUR

Mengenai tekstur, di dalam palette ini terdiri dari dua hasil, yaitu hasil yang matte (lihat foto pilihan warna baris tengah dan paling bawah) dan shimmer (lihat foto baris paling atas). Beberapa warna dengan hasil shimmer memiliki pigmentasi yang bagus dan dapat membaur dengan baik di kulit yang sedang kering. Sedangkan warna dengan hasil yang matte agak sulit untuk dibaurkan tanpa menggunakan primer atau pelembab. Pada saat di-swatch, warna dengan hasil matte tidak langsung keluar dalam satu atau dua kali swatch. Selain itu, bahan dari warna matte cenderung seperti bubuk atau powdery, sehingga saat diaplikasikan agak sedikit menggumpal bila hanya menggunakan brush


 Foto: Tekstur palette shimmer 

Foto: Tekstur palette matte

Tekstur palette dengan warna shimmer dapat membaur dengan brush dan meninggalkan sedikit residu, sehingga dapat dapat dibaurkan bahkan hanya dengan jari sekalipun. Sangat berbeda dengan warna matte yang begitu banyak meninggalkan residu dan menggumpal pada brush. Butuh beberapa kali membaurkan warna yang matte agar warna yang dihasilkan bisa terlihat, namun terkadang saya memakai sponge khusus eye shadow karena sering kelilipan residunya.

FINISH LOOK / HASIL
Foto: Hasil terlihat dengan sinar matahari

Foto: Hasil terlihat di dalam ruangan

Untuk mendapatkan hasil yang apa adanya, saya tidak menggunakan primer apalagi alas bedak apapun (lihat alis saya, bahkan masih sangat natural, hehe). Dalam look ini saya menggunakan aplikator brush dengan sekali atau dua kali swatch, mungkin itu alasannya terlihat tipis (maklum, sebenarnya saya tidak begitu menyukai eye shadow yang begitu menyala; lebih suka dengan hasil yang natural). Warna yang digunakan dalam look ini adalah Salmon (matte & shimmer), Toffee dan Indian Red. Saya pribadi sangat menyukai hasil shimmer yang diberikan.

PRICE / HARGA

Rasanya kita semua sepakat, bahwa Focallure cukup pandai dalam mendistribusikan produknya yang terjangkau dengan kualitas yang setara dengan make up professional. Untuk Eye Shadow dengan 18 shades yang cantik-cantik ini dapat dibeli dengan harga Rp120.000 (atau dapat lebih murah lagi, tergantung dibeli dimana) di Shopee, BukaLapak ataupun Tokopedia. Bahkan di TWL Cosmetics juga ada. Saya pribadi waktu itu membelinya di Shopee, mumpung promo, hehe.

SUMMARY / RINGKASAN

Dengan harga yang terjangkau, kita dapat membawa pulang Eyeshadow FOCALLURE: Favours 18 Shades-01 Bright Lux yang memiliki 18 pilihan warna warm-tone dengan kualitas yang tak kalah make up professional lainnya. Tekstur yang diberikan juga dapat dibaurkan dengan baik, walaupun kebanyakan warna dengan hasil matte sedikit powdery dan menggumpal, namun masih dapat diatasi dengan mengganti aplikator dengan sponge khusus untuk eye shadow. Palette ini cocok bagi yang ingin mencoba warna-warna fresh dan warm-look

Terima kasih sudah berkunjung di zona Mur.


-Murenzonio-

  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. Daanggg mamiii, it feels amazing to see a friend of mine jumping into blogging world again! Btw murce juga ya palet segede gitu 120rb doang. Gue sering deg-degan beli eyeshadow palette online karena takut handlingnya jelek jadi pecah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Finally Dyn! I'm inspired by you who always consistent in blogging tbh, even I need to catch up with code-thingy again :") Sebenernya banyak yang lebih murah sih, tapi pas diriku beli di salah satu olshop di Shopee, Alhamdulillah aman tentram sentosa landingnya Dyn :D req bubble wrap aja

      Delete
  2. Wah kak, aku juga pakai palette ini. Setuju, residunya banyak emang si focallure ini. Tapi dengan harga yang terjangkau, mana warnanya cantik-cantik jadi ya lumayan deh. Thx for sharing kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa ngga disangka warnanya sangat pigmented, terutama yang glittery. Terima kasih ya sudah berkunjung, semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. Focallure eyeshadownya memang pigmented ya. Walau memang banyak fallout-nya tapi warnanya keluar bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang shimmernya pigmented, tapi untuk yang matte ny lumayan lah. Kadang-kadang suka kelilipan sama falloutnya hehe

      Delete

Thank you for visiting my blog! Your comment would definitely help this site to get better :) To make things easier, please consider:
1. Every comment that contains spam, bot, racism, hate speech, and advertisement will be deleted.
2. Active link will be deleted. As suggestion, use your Google/Blogger account and I will visit your web page back.