Review & Swatches Poetical Lip Tint Poetic Movement (Indonesia)

By Mur - August 26, 2020

Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT

Jumpa bahagia di zona Mur.

Sudah lama tidak menorehkan sepatah dua patah kata di blog ini, dan demi menuju new normal yang lebih baik, saya memutuskan untuk iseng menulis lagi. 

Tidak deng, saya tidak serajin itu untuk iseng lalu menulis blog, hehe

Bercanda.

Kebetulan teman saya, Fidel, memenangkan giveaway satu set lip tint, yaitu Poetical Lip Tint dari sebuah brand kosmetik asal Korea, yaitu Poetic Movement yang diselenggarakan oleh NEAR & DEAR Indonesia. Waktu dia mention saya dan teman kami juga, Amel, di Instagram sebagai syarat giveaway tersebut, saya berjanji kalau Fidel menang, saya akan ikut membantunya dalam mengulas produk ini. Namun tidak saya lakukan di Instagram, melainkan di blog ini. 

Alhasil, setelah dipilih secara random, dia menang (yeay!). Dan, ya, saya harus menepati janji saya untuk mengulas produk ini. Bersama dengan Amel, kami bertiga bertemu dan mengujikan produk ini. Kebetulan juga, skin tone maupun undertone skin kami berbeda-beda, sehingga memungkinkan untuk mengulas produk ini secara komprehensif.

Jadi bukan karena iseng ya? Hehe, tidak apa-apa kan, lumayan untuk membantu kalian yang mau lihat-lihat produk kosmetik korea terbaru. Sekaligus membantu saya untuk mengisi blog ini, it's never be a mundane thing to do, so no hurt feeling.

Cukup basa-basinya, kita langsung saja yuk.

SPECIFICATION / SPESIFIKASI 

Sebelum masuk ke pengalaman kami dalam menggunakan Poetical Lip Tint Poetic Movement, berikut adalah spesifikasi yang diberikan oleh Near & Dear Indonesia di Shopee yang sudah saya terjemahkan sehingga dapat dimengerti oleh kawula muda yang mungkin ingin membaca deskripsinya dalam bahasa Indonesia.

-----

POETIC MOVEMENT | Poetical Lip Tint

[Deskripsi]

Punya masalah dengan bibir yang kering dan keriput, serta menghindari warna matte? Sekarang kami membuat formula yang tepat untuk Anda. Mengandung madu dan minyak alpukat, Poetical Lip Tint dari Poetic Movement dapat membantu melembabkan bibir Anda. Warna akhir semi-matte yang membuat bibir Anda terlihat lembab dan sehat.

[Warna Pilihan]

  • #1 Layer
  • #2 Slumber
  • #3 Composition 
  • #4 Petal
  • #5 Veil
  • #6 Symmetry
  • #7 Reflection 
  • #8 Flow

[Perhatian!]

Karena tekstur produk ini adalah tint, kami menggunakan metode pemompaan untuk mengeluarkan produk, sehingga cairan tint tidak memenuhi wadah secara penuh dan dapat terjadi ruang atau gelembung kosong di dalam wadahnya.

Pembentukan pigmen dalam isinya merupakan fenomena yang bisa saja terjadi saat proses pengisian lip tint, bukan karena kesalahan formulasi. Jadi, jika Anda mencampurnya dengan tip, pigmennya akan menghilang dan tidak masalah jika diaplikasikan ke bibir, jangan khawatir.

[Cara pakai]

Ambil secukupnya meggunakan tip dan oleskan dengan lembut di bibir.

[Tanggal Kedaluwarsa]

Kami berusaha memberikan produk terbaru, karena produk kami dikirim langsung dari kantor pusat. Namun, karena situasi kantor pusat atau toko, harap diperhatikan bahwa mungkin Anda tidak mendapatkan tanggal kedaluwarsa paling lama. (Kedaluwarsa biasanya sekitar tahun 2020 - 2023)

PAO: 1 Tahun

-----

Begitulah penjelasan singkat yang saya peroleh dari Shopee. Sekarang bagaimana penampakan asli produknya? Stay tune!

PACKAGING / KEMASAN

Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT
Foto: Packaging Poetical Lip Tint POETIC MOVEMENT

Dus produk ini berbahan karton dengan permukaan matte berwarna jingga muda, dengan aksen garis melengkung berwarna perak metalik yang membelah kedua sisinya, memberikan kesan muda, manis, dan tegas. 

Di lain sisi, terdapat deskripsi berbahasa Korea (saya tidak mengerti bahasa Korea, namun ada beberapa kalimat yang berbahasa Inggris juga) dengan penggunaan font puitis, membuat kesan pertama yang saya lihat adalah dusnya seperti potongan dari bagian majalah; sederhana namun esentrik. Aesthetic.

Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT
Foto: 8 Shades Poetical Lip Tint POETIC MOVEMENT

Setelah dibuka, container atau kemasan lip tint ini berbahan plastik yang cukup tebal dengan desain rounded-square yang memberikan kesan elegan. Tutup kemasan ini disegel dengan selotip bening berbahasa Korea. Untuk membuka kemasan ini, cukup dengan memutarnya ke kanan setelah bunyi klik terdengar. Sebaliknya, untuk menutupnya cukup memutarnya ke kiri hingga bunyi klik terdengar, sehingga tutupnya tidak rentan lepas dari wadahnya.

Hal tersebut terdengar sepele, namun cukup penting bagi saya yang suka teledor dalam merapatkan kemasan seperti ini. Dengan ini diharapkan lip tint-nya tidak cepat kering atau bocor hanya karena terdapat celah atau tidak rapat dalam menutupnya. 

Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT aplicator
Foto: Tip Poetical Lip Tint POETIC MOVEMENT

Aplikator atau tip yang dimiliki lip tint ini berbentuk pipih dengan bulu halus menyerupai brush yang fleksibel, sehingga ketika lip tint diaplikasikan ke bibir, menjadi sangat mudah dan nyaman, dengan hasil yang cukup rapi. 

SWATCHES / PILIHAN WARNA

Lip tint ini memiliki 8 shades, dengan dominasi warna yang menunjukkan warm tone. Seperti yang pernah saya katakan di Review Eyeshadow Focallure: Favors 18 Shades-01 Bright Lux Bagi Pemula (Indonesia) saya cukup beruntung memiliki undertone skin yang netral, sehingga pilihan warnanya terlihat oke-oke saja di saya. Namun bagaimana bila diaplikasikan ke warm undertone skin dan cool undertone skin

Boleh coba dilihat pada gambar-gambar berikut ini sebagai perbandingannya.

*Sebagai tips dari hasil membaca berbagai review dari lip product, perlu diingat bahwa warna yang dihasilkan lip tint bisa saja berbeda antara pada saat di swatch di tangan dan di swatch di bibir, sehingga tidak ada yang dapat menjamin bahwa akurasi warna ini akan sama saat diaplikasikan. Hasil yang diberikan akan berbeda-beda, baik di tangan, bibir, apalagi pada setiap orang.

Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT swatches
Foto: Swatches Poetical Lip Tint POETIC MOVEMENT (neutral undertone)

Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT swatches comparison
Foto: cool undertone vs warm undertone Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT


Setelah diaplikasikan di tangan, saya sangat suka dengan hasil warna #6 Symmetry. Warnanya cukup vibrant namun lembut di tangan saya.

Fidel juga menyukai warna tersebut karena memberi kesan brick atau terracotta, sesuai dengan warna favoritnya. 

Sedangkan Amel menyukai warna #7, karena warnanya sangat senada di tangannya dan tidak memberikan kesan pucat.

Namun ada hal yang saya sadari, sepertinya tidak ada perbedaan warna yang begitu signifikan antara satu shade dengan shade yang lain. Bila dikomparasi pada skin tone yang berbeda, mungkin baru akan terlihat kesesuaian warna yang dihasilkan.

TEXTURE / TEKSTUR

Foto: Tekstur Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT






Saat di swatch, tekstur lip tint ini hadir di permukaan kulit saya dengan sedikit watery dengan konsistensi yang kental dan moist. Tidak seperti kebanyakan lip tint air yang mudah meresap, lip tint poetic movement ini tidak langsung meresap ke kulit saat diaplikasikan. Butuh beberapa waktu untuk meresap ke kulit. Uniknya, saat diusapkan dengan jari, teksturnya berubah menjadi sedikit powdery, meninggalkan hasil yang semi-satin.

Bagi saya, Poetical Lip Tint Poetic Movement ini cocok bila diaplikasikan secara full lips maupun gradient, karena teksturnya yang lembab, mudah di smudges, dan ringan.

FINISH LOOK / HASIL

Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT swatches

Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT swatches

Poetical Lip Tint by POETIC MOVEMENT swatches

Setelah mengaplikasikan kedelapan shades ke masing-masing bibir, betapa terkejutnya kami saat melihat hasilnya. Lumayan berbeda dengan hasil yang kami aplikasikan di tangan. Saya dan Amel mulai mempertanyakan pilihan favorit kami saat di swatch di tangan, dan ternyata saat diaplikasikan di bibir kami, hasilnya lumayan melenceng dari ekspetasi kami. 

Setelah melihat hasilnya di bibir kami, ternyata saya jatuh hati pada nomor #4 Petal, karena dapat menutupi garis hitam yang terdapat di bibir saya dan memberikan warna natural dan lembut. Fidel tetap pada pilihannya yang berwarna #6 Symmetry, karena warnanya sangat sesuai dengan warna favoritnya. Sedangkan Amel jatuh hati pada #8 Flow, mundur satu shade dari pilihannya yang sebelumnya. Alasannya, lip product miliknya ternyata senada dengan warna itu, sehingga ia memilih comfort zone nya.

PRICE / HARGA

Produk Poetic Movement saat ini dapat dibeli di Shopee, dengan harga Rp281.550 per lip tint nya. Namun, Near & Dear Indonesia sedang mengadakan diskon sebesar 40%, menjadi Rp169.049 per lip tint nya. Belum lagi ditambah dengan promo gratis ongkir dari Shopee, it's a good deal guys! Kalian bisa dapatkan produknya di sini.

SUMMARY / RINGKASAN

Near & Dear Indonesia menghadirkan produk Poetical Lip Tint dari Poetic Movement, salah satu brand kosmetik asal korea dengan 8 shades yang didominasi warm tone. Setelah diaplikasikan kepada tiga jenis kulit yang berbeda, secara keseluruhan warna yang dihasilkan tidak menunjukkan perbedaan warna, sehingga memberikan kesan yang natural. Tekstur yang lembut dan melembabkan membuat lip tint ini sangat cocok digunakan oleh orang yang memiliki bibir kering dan menghindari produk bibir matte. Hasil akhirnya memberikan kesan satin, yang membuat bibir terlihat sehat, cocok digunakan untuk sehari-hari.

Terima kasih sudah berkunjung di zona Mur.


-Murenzonio-

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. Thanks for your review 😊

    ReplyDelete
  2. Ya ampunn gue kira lo ngeborong wakakakak xD Btw warnanya mirip mirip bangett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolaboratif bersinergi XD yess kinda agree

      Delete

Thank you for visiting my blog! Your comment would definitely help this site to get better :) To make things easier, please consider:
1. Every comment that contains spam, bot, racism, hate speech, and advertisement will be deleted.
2. Active link will be deleted. As suggestion, use your Google/Blogger account and I will visit your web page back.